Langsung ke konten utama

Postingan

REVIEW "SEMINAR NASIONAL UPAYA PEMERINTAH DALAM PENERAPAN PELAYANAN PRIMA TERHADAP TENAGA PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK DI ERA DIGITAL"

Narasumber : Dr. Budi Hermawan., M.Phil.,SNE. Tren Global dan Masa Depan Pendidikan  Pendidikan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas untuk masa depan. Seiring dengan kemajuan teknologi, masyarakat dan profesional negara Indonesia mengalami transformasi yang cepat. Perubahan-perubahan ini berdampak signifikan pada bidang pendidikan, sehingga memunculkan banyak tren baru bagi para pendidik dan peserta didik pada tahun 2024. Untuk melibatkan siswa secara efektif, fasiliator pembelajaran harus selalu mengikuti perkembangan terkini, teknik pembelajaran yang inovatif, dan faktor kunci yang mempengaruhi pembelajaran di kelas. Dengan memahami tren ini, siswa dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan berdampak. Pertumbuhan kemampuan teknologi berarti kini telah tersedia berbagai media dan alat pendukung pembelajaran untuk membantu siswa penerima pendidikan berkualitas tinggi dengan mengikuti tren. Dan berk...
Postingan terbaru

PENGAWASAN PELAYANAN PUBLIK

Pengertian Pengawasan Menurut Siagian mengatakan bahwa pengawasan merupakan proses pengamatan dari pelaksanaan seluruh kegiatan organisasi untuk menjamin agar semua pekerjaan yang sedang dilakukan berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditentukan sebelumnya. Sedangkan menurut George R. Terry mengatakan bahwa pengawasan dapat diartikan sebagai mendeterminasi semua kegiatan yang telah dilaksanakan, maksudnya mengevaluasi prestasi kerja dan apabila perlu, merupakan tindakan-tindakan korektif sehingga hasil pekerjaan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Dari beberapa pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengawasan merupakan sebuah proses untuk memastikan bahwa semua aktivitas yang sudah ataupun belum terlaksana telah sesuai denga napa yang telah direncanakan sebelumnya. Pengawasan pelayanan publik merupakan salah satu bagian penting dalam mewujudkan praktik Pembangunan yang bersih dan akuntabel melalui pencegahan maladministrasi da penyelesaian aduan masyarakat. Mak...

PERAN HUMAS DALAM MANAJEMEN ORGANISASI PUBLIK

Opini publik sering dikenal dengan istilah lain yaitu pendapat umum. Opini publik ini merupakan pengintegrasian pendapat dari sekumpulan orang yang menaruh perhatian terhadap sesuatu issue atau pokok permasalahan yang sifatnya kontroversial. Opini setiap orang pasti berbeda-beda dengan siapa yang beropini, bagaimana pendidikannya,dimana tempat tinggalnya, dan sebagainya. Opini dari setiap orang mengenai permasalahan yang actual dan hangat dibicarakan mempunyai kecenderungan menjadi opini publik. Dengan adanya opini publik, organisasi/pemerintah/swasta menjadi tahu mengenai bagaimana pandangan pelanggan atau masyarakat, sehingga bisa menetukan strategi apa yang tepat untuk dapat mempengaruhi opini publik. Selain itu, terdapat beberapa fungsi adanya opini publik sebagai berikut: Menambah citra baru Mempertahankan citra yang sudah terbangun Memperbaiki citra yang terpuruk Menguatkan citra untuk bersaing Menguatkan dan mempertahankan citra Ketika berada di puncak Syarat dan Pros...

MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK

Tidak ada seorang pun atau warga dari suatu negara yang dapat menghindari atau lepas dari berbagai bentuk interaksi dengan pemerintah. Pada saat  yang sama,  pemerintah merupakan satu-satunya organisasi atau lembaga  yang mempunyai legitimasi (keabsahan) dari masyarakat untuk memenuhi segala bentuk  kebutuhan masyarakat dalam bentuk pelayanan publik yaitu proses dalam memberikan pelayanan publik mengenai kualitas pelayanan yang harus terus ditingkatkan agar dapat memberikan kepuasan kepada masyarakat yang dilayaninya. Sebab, kepuasan masyarakat terhadap pemerintah merupakan tolak ukur keberhasilan pemerintah dalam menyelenggarakan pelayanan publik. Menurut Gronroos (1990) mengatakan bahwa pelayanan merupakan suatu aktivitas atau serangkaian aktivitas yang bersifat tidak kasat mata (tidak dapat diraba) yang terjadi sebagai akibat adanya interaksi antara pelanggan dengan karyawan atau hal-hal lain yang disediakan oleh Perusahaan pemberi pelayanan yang dimaksudkan untuk...

SEBLAK AMOY: Si Pedas Nikmat Penggoda Iman

    

STANDAR DAN MUTU PELAYANAN PRIMA

     Pelayanan prima adalah sistem pelayanan terbaik pada manajemen modern pada saat ini. Standar mutu pelaynan prima merupakan standar dalam melayani kebutuhan dari pelanggan, melayani disini adalah aktivitas yang bersifat tidak berwujud yang ditawarkan kepada pelanggan yang dilayani. sederhananya, pelayanan yang dapat memenuhi dan sesuai dengan kepuasan pelanggan. Konsep Dasar Perubahan Paradigma Pelayanan Better (semakin baik dalam segala aspek) Faster (semakin cepat) Newer (mengikuti pembaharuan/perubahan) Cheaper (semakin murah, karena berlomba-lomba atau bersaing) More simple (semakin sederhana dengan perubahan yang memberikan kemudahan bagi pelanggan)      Total Quality Manajemen (TQM) merupakan paradigma baru dalam manajemen dengan melakukan perbaikan secara terus menerus, berkesinambungan atau berkala atas mutu dari barang, jasa, sumber daya manusia, dan lingkungan organisasi. Hal-hal yang harus diperhatikan pada TQM yaitu sebagai berikut: Berfok...

PENGELOLAAN KELUHAN PELANGGAN

Keluhan pelanggan muncul ketika pelanggan merasa tidak puas dengan layanan yang mereka terima. Seringnya akan berujung pada tuntutan atas ketidakpuasan tersebut. Keluhan tersebut pada dasarnya mencerminkan harapan yang belum terpenuhi. Tetapi hal ini bukan selalu tentang sesuatu yang negatif, melainkan bisa dianggap sebagai peluang positif. Alasannya karena dapat menjadi sumber pembelajaran yang berharga bagi perusahaan untuk meningkatkan kualitas produk atau layanan. Menghadapi komplain pelanggan memiliki peranan yang sangat penting dalam membangun dan menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan. Kenapa begitu? Karena merespon pelanggan dengan baik merupakan suatu cara untuk mempertahankan kepercayaan pelanggan. Siapa yang akan memberikan keluhan atau komplain? Konsumen atau pelanggan, berkaitan dengan produk/jasa atau layanan yang tidak sesuai dengan harapannya sehingga muncul ketidakpuasan Karyawan atau staff, berkaitan dengan kebijakan perusahaan (gaji, fasilitas, jadwal lembur, d...