Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Oktober, 2023

PERILAKU KONSUMEN

   Apa perbedaan konsumen dan pelanggan? Diantara kalian pasti masih ada yang keliru mengenai perbedaan keduanya. Terdapat clue atau kunci yang dapat kita pahami “Seorang pengguna belum tentu adalah pelanggan, dan seorang pelanggan bisa termasuk konsumen, bisa juga tidak”. Terdapat suatu contoh dimana seseorang yang membeli bahan makanan dari supermarket untuk dirinya sendiri menjadi pelanggan supermarket. Setelah mengonsumsi bahan makanan, pelanggan tadi menjadi konsumen. Kenapa bisa dikatakan begitu? Karena pelanggan merupakan orang yang membeli barang sedangkan konsumen adalah orang yang merupakan pengguna akhir suatu barang dan jasa.    Dalam pelayanan prima apakah perilaku konsumen itu penting untuk kita pelajari? Tentu saja, karena kunci pelayanan prima adalah “Pemahaman yang baik terhadap pelanggam”, jadi memahami sudut pandang pelanggan berarti menyadari bahwa kepuasan pelanggan tidak sekedar membeli produk, melainkan juga memenuhi berbagai unsur emosi dan af...

KONSEP PELAYANAN PRIMA

    Hakikat pelayanan prima bertitik tolak pada usaha-usaha yang dilakukan perusahaan untuk melayani pelanggan dengan sebaik-baiknya. Jadi pelayanan prima merupakan pelayanan terbaik yang diberikan perusahaan untuk memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan. Pelayanan dapat dikatakan prima, jika pelanggan mencapai kepuasan dan sesuai dengan harapan pelanggan. Pelayanan terbagi menjadi 3 (tiga), yaitu : 1. Core service , yaitu pelayanan yang menawarkan produk utamanya. 2. Fasilitating service , yaitu pelayanan tambahan. 3. Supporting service , yaitu pelayanan tambahan atau pendukung untuk meningkatkan nilai pelayanan.     Pada pelayanan prima tentu saja terdapat tujuannya, yaitu: 1. Untuk memberikan pelayanan yang bermutu tinggi kepada pelanggan. 2. Untuk menimbulkan kepercayaan pelanggan. 3. Untuk menghindari terjadinya tuntutan yang tidak perlu di kemudian hari terhadap produsen. 4. Untuk menciptakan kepuasan pelanggan. 5. Untuk mempertahankan pelanggan.    ...