Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Desember, 2023

PENGAWASAN PELAYANAN PUBLIK

Pengertian Pengawasan Menurut Siagian mengatakan bahwa pengawasan merupakan proses pengamatan dari pelaksanaan seluruh kegiatan organisasi untuk menjamin agar semua pekerjaan yang sedang dilakukan berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditentukan sebelumnya. Sedangkan menurut George R. Terry mengatakan bahwa pengawasan dapat diartikan sebagai mendeterminasi semua kegiatan yang telah dilaksanakan, maksudnya mengevaluasi prestasi kerja dan apabila perlu, merupakan tindakan-tindakan korektif sehingga hasil pekerjaan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Dari beberapa pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengawasan merupakan sebuah proses untuk memastikan bahwa semua aktivitas yang sudah ataupun belum terlaksana telah sesuai denga napa yang telah direncanakan sebelumnya. Pengawasan pelayanan publik merupakan salah satu bagian penting dalam mewujudkan praktik Pembangunan yang bersih dan akuntabel melalui pencegahan maladministrasi da penyelesaian aduan masyarakat. Mak...

PERAN HUMAS DALAM MANAJEMEN ORGANISASI PUBLIK

Opini publik sering dikenal dengan istilah lain yaitu pendapat umum. Opini publik ini merupakan pengintegrasian pendapat dari sekumpulan orang yang menaruh perhatian terhadap sesuatu issue atau pokok permasalahan yang sifatnya kontroversial. Opini setiap orang pasti berbeda-beda dengan siapa yang beropini, bagaimana pendidikannya,dimana tempat tinggalnya, dan sebagainya. Opini dari setiap orang mengenai permasalahan yang actual dan hangat dibicarakan mempunyai kecenderungan menjadi opini publik. Dengan adanya opini publik, organisasi/pemerintah/swasta menjadi tahu mengenai bagaimana pandangan pelanggan atau masyarakat, sehingga bisa menetukan strategi apa yang tepat untuk dapat mempengaruhi opini publik. Selain itu, terdapat beberapa fungsi adanya opini publik sebagai berikut: Menambah citra baru Mempertahankan citra yang sudah terbangun Memperbaiki citra yang terpuruk Menguatkan citra untuk bersaing Menguatkan dan mempertahankan citra Ketika berada di puncak Syarat dan Pros...

MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK

Tidak ada seorang pun atau warga dari suatu negara yang dapat menghindari atau lepas dari berbagai bentuk interaksi dengan pemerintah. Pada saat  yang sama,  pemerintah merupakan satu-satunya organisasi atau lembaga  yang mempunyai legitimasi (keabsahan) dari masyarakat untuk memenuhi segala bentuk  kebutuhan masyarakat dalam bentuk pelayanan publik yaitu proses dalam memberikan pelayanan publik mengenai kualitas pelayanan yang harus terus ditingkatkan agar dapat memberikan kepuasan kepada masyarakat yang dilayaninya. Sebab, kepuasan masyarakat terhadap pemerintah merupakan tolak ukur keberhasilan pemerintah dalam menyelenggarakan pelayanan publik. Menurut Gronroos (1990) mengatakan bahwa pelayanan merupakan suatu aktivitas atau serangkaian aktivitas yang bersifat tidak kasat mata (tidak dapat diraba) yang terjadi sebagai akibat adanya interaksi antara pelanggan dengan karyawan atau hal-hal lain yang disediakan oleh Perusahaan pemberi pelayanan yang dimaksudkan untuk...