Langsung ke konten utama

Materi Kecerdasan Emosional Pertemuan 12

 TERBENTUKNYA KETIDAKMAMPUAN SOSIAL


Para ahli psikologi memberi istilah desain disemia (dari kata Yunani dis yang berarti sulit dan semes yang berarti isyarat) untuk ketidakmampuan belajar dalam wilayah pesan nonverbal; kurang lebih dari 10 anak memiliki satu atau lebih masalah dalam wilayah Ini masalahnya dapat terletak pada ketidakpekaan akan wilayah ruang pribadi, sehingga seseorang penderita seringkali berdiri terlampau dekat dengan lawan bicaranya atau menempatkan barang-barang miliknya di wilayah orang lain. 

Banyak penelitian dipusatkan untuk menemukan anak-anak yang menunjukkan tanda-tanda cacat sosial, anak dengan kecanggungan yang membuat mereka diabaikan atau ditolak oleh kawan-kawan mereka. Selain anak-anak yang ditolak karena kenakalan mereka, anak-anak yang dijauhi kawan-kawan mereka pasti menderita cacat dalam dasar-dasar interaksi tatap muka terutama aturan aturan tak tertulis yang mengatur hubungan antar pribadi. Apabila anak-anak kurang pintar dalam berbahasa, orang menganggap mereka tidak pintar atau berpendidikan buruk, Tetapi bila anak-anak tidak mengikuti aturan-aturan nonverbal dalam berinteraksi, orang menganggap mereka aneh dan menjauhi mereka titik mereka adalah anak-anak yang tidak tahu cara bergabung dalam permainan dengan cara yang manis yang menyentuh orang lain dengan cara-cara yang tidak mengenakkan bukannya menimbulkan rasa bersahabat. Mereka adalah anak-anak yang gagal menguasai bahasa isyarat emosi, dan yang secara tidak sadar mengirim pesan-pesan yang menimbulkan rasa tidak nyaman.

Sebagaimana disebutkan oleh Stephen nowitzki, ahli psikologi dari emory University yang mempelajari kemampuan nonverbal anak-anak, anak-anak yang tidak mampu membaca atau mengungkapkan emosi dengan baik akan terus-menerus merasa prestasi pada pokoknya mereka tidak memahami apa yang sedang terjadi titik jenis komunikasi ini merupakan dasar dari apa apa yang dilakukan, seperti Anda tak dapat tidak memperlihatkan ekspresi wajah atau sikap tubuh, atau menyembunyikan ada suara titik Apabila Anda keliru dalam mengirim pesan-pesan emosional, anda terus-menerus merasakan bahwa orang menanggapinya dengan cara-cara yang janggal. Anda ditolak namun tidak tahu mengapa titik seandainya anda berpikir bahwa anda bersikap bahagia Tetapi sebetulnya justru tampak kelewat senang atau marah, sebagai balasannya orang-orang lain akan marah kepada anda tetapi anda tidak tahu penyebabnya. Anak-anak semacam itu pada akhirnya merasa tidak memiliki pegangan bagaimana orang lain memperlakukan mereka karena tindakan mereka tidak memiliki pengaruh seperti yang mereka harapkan. Hal itu membuat mereka merasa tak berdaya depresi dan apatis.

Selain dikucilkan dari pergaulan, anak-anak semacam itu juga mengalami kesulitan secara akademis. Ruang kelas, pasti, lebih merupakan situasi sosial dari pada situasi akademis, anak-anak yang canggung secara sosial akan cenderung salah baca dan salah tangkap terhadap gurunya seperti halnya terhadap anak lain titik rasa takut dan kecemasan mereka akan mengakibatkan terganggunya kemampuan untuk belajar dengan baik. Sesungguhnya, pengujian pengujian kepekaan nonverbal anak-anak telah membuktikan bahwa prestasi akademis anak-anak yang salah membaca isyarat-isyarat emosional cenderung lebih rendah dibandingkan dengan potensi akademis mereka menurut tes IQ.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Produk Jam Dinding Kayu

 PRODUK ‘JAM DINDING KAYU’ NAMA : HERI SETIAWAN NPM  :  10120465 NAMA : NURWINDA ANJANI NPM : 10120500 NAMA : NUSANTARA NPM : 10120501 NAMA : TITA SRI RAHAYU NPM : 10120522 MATA KULIAH KREATIVITAS DAN INOVASI BISNIS DOSEN PENGAMPU : SYAEFUL MAULANA AKHMAD, S.Pd, M.AP KATA PENGANTAR Alhamdulillahirobbil’alamin, puji Syukur kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan penulisan makalah mengenai produk yang kami pilih yaitu “ Jam Dinding Kayu “. Penulisan makalah ini merupakan salah satu syarat untuk memenuhi tugas ujian akhir semester mata kuliah Kreativitas dan Inovasi Bisnis strata satu jurusan manajemen di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bandung Business School.  Kami menyadari bahwa makalah ini masih sangatlah jauh dari sempurna, untuk itu kami meninta maaf yang sebesar-besarnya apabila dalam penulisan makalah ini banyak kesenjangan baik isi maupun cara pembuatannya. Dalam penulisan makalah  ini ju...

REVIEW "SEMINAR NASIONAL UPAYA PEMERINTAH DALAM PENERAPAN PELAYANAN PRIMA TERHADAP TENAGA PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK DI ERA DIGITAL"

Narasumber : Dr. Budi Hermawan., M.Phil.,SNE. Tren Global dan Masa Depan Pendidikan  Pendidikan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas untuk masa depan. Seiring dengan kemajuan teknologi, masyarakat dan profesional negara Indonesia mengalami transformasi yang cepat. Perubahan-perubahan ini berdampak signifikan pada bidang pendidikan, sehingga memunculkan banyak tren baru bagi para pendidik dan peserta didik pada tahun 2024. Untuk melibatkan siswa secara efektif, fasiliator pembelajaran harus selalu mengikuti perkembangan terkini, teknik pembelajaran yang inovatif, dan faktor kunci yang mempengaruhi pembelajaran di kelas. Dengan memahami tren ini, siswa dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan berdampak. Pertumbuhan kemampuan teknologi berarti kini telah tersedia berbagai media dan alat pendukung pembelajaran untuk membantu siswa penerima pendidikan berkualitas tinggi dengan mengikuti tren. Dan berk...

SEBLAK AMOY: Si Pedas Nikmat Penggoda Iman